Iklan

Puasa

H‘an tathèë ka puasa lom
Ga sadar udah puasa lagi

Nyo. Bagah that jijak watèë. H‘an tathèë ka tuha.
Ya. Cepat sekali waktu berjalan. Tanpa kita sadari kita sudah tua.

H‘an tathèë duwa uroë teuk ka talôp lam kubu. E Potallah..
Tanpa kita sadari ga lama lagi kita pun akan masuk kubur. Allahu rabbi

Na neuwoë gampông puasa nyoë?
Ga pulang kampung puasa kali ini?

Eunteuk limong blah puasa lônwoë. Mangat puasa di gampông nibak/ngön di banda. Droëneuh?
Nanti puasa ke -15 saya pulang. Lebih enak puasa di kampung daripada di kota. Anda?

Lôn cit sinoë gampông, kiban tawoë. Hehe..
Saya emang di sini kampungnya, gimana mau pulang. Hehe..

Lôn h‘an jeuët lônwoë, kuliyah peunoh jadwal
Saya ga bisa pulang, jadwal kuliah penuh

Na sahô uroë nyoë ?
Ada sahur hari ini?

Na / Hana
Ada / Tidak

Peuë eungkôt sahô bunoë?
Lauk apa sahur tadi?

Eungkôt teucrôh ngön gulè ië
Ikan goreng dengan sayur bening

Na neujép susu*)?
Kamu minum susu?

Hana. H‘an löt/ék lôn. Ië tè lônjép.
Ga. Ga suka saya. Saya minum teh.

Neuniët puasa tiëp-tiëp uroë atawa keu sibuleuën laju?
Niat puasanya tiap hari atau langsung sebulan?

Lôn lôn-niët tiëp-tiëp uroë
Saya niatnya setiap hari

*) Susu bukan bahasa asli Aceh. Bahasa aslinya adalah “ië abin”. Namun mengingat sudah sangat jarang diucapkan dan sangat sedikit orang yang masih mengerti, saya pakai kata “susu” saja.

Iklan
  1. susi
    29 Juli 2013 pukul 12:01

    Aslmualaikum..

    Aq pgen bgt bljr bhs aceh,tlong ajarin y

  2. 27 November 2013 pukul 10:47

    wahh ternyata kebanyakn orang itu pake bahasa yang susu ya bro,

  3. 26 Desember 2013 pukul 06:43

    Wah, maksih….
    Jasa Translate bahasa

  4. ihsan
    25 September 2014 pukul 12:21

    aku tergila” sama anak aceh ”’
    sampai” bahasa sendiri lupa 🙂

  5. 7 Oktober 2014 pukul 18:44

    Ihsan, memangnya bahasa ibu kamu apa? Jangan lupalah sama bahasa sendiri..

  6. Anonim
    2 Desember 2014 pukul 00:42

    1 bulan tak cukup u/ belajar bhs aceh,, kembali ke aceh lg harus pandai bhs aceh,,

  7. Anonim
    19 Desember 2014 pukul 23:59

    Neu peurno long bang bahsa aceh sigkrek 😀

  8. Anonim
    20 Desember 2014 pukul 00:01

    Susi, biar saya aja yang
    Ajarin kmu mau ?

  9. 14 Mei 2015 pukul 16:53

    Pengen jd orang aceh 😀

  10. 20 Juni 2015 pukul 16:07

    @Nenovi: Memangnya orang mana? Kenapa pengen jadi orang Aceh? Hehe 😀

  11. Anonim
    17 Agustus 2016 pukul 14:23

    Saya orng aceh selamat.tapaktuan. slm kenal

  12. Anonim
    17 Maret 2017 pukul 13:55

    kkkkkk

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: