Unduh

Di sini saya hanya mencantumkan buku-buku pokok tentang bahasa Aceh. Masih ada puluhan buku lainnya yang tersedia di situs http://acehbooks.org. Silakan diunduh.

Kamus Bahasa Aceh:
* Kamus Umum Indonesia – Aceh
* Kamus Aceh – Indonesia Jilid 1 dan Jilid 2
* Kamus Aceh – Belanda oleh J. Kreemer, 1931
* Kamus Aceh – Belanda oleh K.F.H. van Langen, 1889
* Kamus Melayu – Belanda – Aceh oleh P. Arriëns, 1880
* Daftar Kata Belanda – Aceh oleh Th. Veltman, 1906

Kamus Elektronik
* Kamus Bahasa Aceh versi mobile
* Kamus Bahasa Aceh di Linux BlankOn

Tata Bahasa Aceh
* Kaidah Bahasa Aceh oleh Wildan.
* Bahasa Aceh oleh Budiman Sulaiman.
* Bahasa Aceh Jilid 1 dan Jilid 2 oleh Budiman Sulaiman
* A contextual grammar of Acehnese sentences oleh Dr. Abdul Gani Asyik, M.A.
* The agreement system in Acehnese oleh Dr. Abdul Gani Asyik, M.A.
* A grammar of Acehnese : on the basis of a dialect of North Aceh oleh Dr. Mark Durie Ph. D

Hubungan bahasa Aceh dengan bahasa Campa:
* Acehnese and the Aceh-Chamic Language Family
* Dating the separation of Acehnese and Chamic
* Achehnese dialects in connection with Chamic migrations
* The Historical Place of Acehnese: The Known and the Unknown
* Revisiting the expansion of the Chamic language family

Lain-Lain:
* Peribahasa Aceh oleh Hasjim, MK dkk, 1977
* Kumpulan tulisan berbahasa Aceh dari GAM
* Game Meurunoe Beuet

Karya tulis saya:
* Acehnese Swadesh Word List
* Ejaan Bahasa Aceh
* Bahasa Aceh Dialek Seulimeum
* Dialek Bahasa Aceh
* Hubungan Bahasa Aceh dengan Bahasa Melayu

98 comments on “Unduh

  1. gani says:

    tolong ajari cara bicara bhsa aceh.
    trima kasih

  2. Teuku Azhari Ilyas Hasbi says:

    Assw teungku..nyou uloen neuk tanyeoung. meunyou lam bahasa indonesia kata SANDI lam bahsa aceh seupadan ngeon kata pue ? pue SANDI teutap SANDI ? meunyoe na neuteupue, neu bagi ileumee. teuriemeong geunaseh that.

  3. Bahasa Aceh says:

    k/ Azhari : Meunyo lam kamuih Indonesia – Aceh ata M. Hasan Basry teutuleh “lageuem rahsia”..

  4. Khaidir says:

    Askum…….!!
    Peu arti ” Cemekam ” Dlm Bhsa Indonesia.

  5. Bahasa Aceh says:

    @Khaidir: “Ceumeukam” bahasa Indonesianya “katimumul”. Bahasa kedokterannya “paronikia”.

  6. carlos sibarani says:

    klu bahasa aceh nya aq cinta km apa???
    trus klu bhs acehnya mau tdk km jd istri aq apa??
    tlng di kasih tau tq…

  7. Bahasa Aceh says:

    @Carlos:
    aku cinta kamu = lôn galak keu gata
    mau tidak kamu jadi istri aku? = peuë gata tatém jeuët keu peurumoh lôn?🙂

  8. gak bisa di-download T___T

  9. Bahasa Aceh says:

    @Millati: Yang mana gak bisa diunduh?

  10. yang kamus. cuma muncul identitas buku aja tapi yang pdf ga bisa diambil

  11. indah says:

    apa bahasa acehnya,..enak gak abang kenalan ma adek???
    apa abang sudah bosan sama adek????
    apa abang mau jadi suami adek???/
    tolong ya kasih tau

  12. Bahasa Aceh says:

    Millati, untuk mengunduhnya diklik di lambang pdf-nya yang paling bawah. Tapi, gapapa sekarang sudah saya ubah tautannya langsung ke dokumennya yang berbentuk pdf..

  13. Anonymous says:

    Saya mau belajar bahasa Aceh…..izin mengunduh ya…:) terimakasih..

  14. Bahasa Aceh says:

    Indah, buat apa tuh??? Hihihi..😀

  15. utami says:

    izin download ya.. makasih banyak…🙂

  16. Kamal Ahmad says:

    InsyaAllah, Aceh beu ek ta peu teungoh teuma..:)

  17. Irfan says:

    Assalamu’alaikum… hanjeut ta unduh… jeut neu ubah dari pdf keu jar.. aplikasi lon han jitem baca… trimong keunaseeh….

  18. Bahasa Aceh says:

    Irfan, wlkmslm. Nyan cit ka lam format pdf Aduen. H’an jeuet lonubah le.

  19. Ina says:

    Apa artinya dalam bahasa indonesia “Bek tuo uro Nyo” ? Bisa bantu?

  20. Bahasa Aceh says:

    Bèk tuwo uroë nyoë = Jangan lupa hari ini

    ________________________________

  21. tengku arya says:

    udah didownload tarimong genaseh…

  22. Nuri says:

    izin download yah…terimakasih…salam kenal….

  23. Anonymous says:

    ijin donlod , thx

  24. cool says:

    boh punti taukan bahasa indonesianya apa kok tdk ada dgn mbah gogle..tks

  25. Rizky says:

    Aku pengen bisa belajar bhasa aceh..kekasihku orang aceh.gmana cranya

  26. armiya says:

    izin ngunduh ya ,,,
    perlu kamus bhsa aceh nea, ada tgas kmpus …
    trimeng geunaseh ….

  27. Cara pengucapannya eu apa seperti bahasa sunda? Kalau nyanyak (?) apa artinya?

  28. Bahasa Aceh says:

    Aysha, bunyi /eu/ bahasa Aceh tidak sama dengan bunyi /eu/ dalam bahasa Sunda. Untuk mendengar bunyi /eu/ bisa didengar di .

    Nyanyak itu panggilan kesayangan untuk anak. Diambil dari kata “manyak” yang artinya “kecil”. Variasinya ada kata “nyak” dan “sinyak”. Selain itu kata “nyak” juga bisa panggilan untuk ibu.

  29. Anonymous says:

    omaa bereh that blog nyoe,,,:D

  30. cheleea says:

    disediain juga versi mp3 donk ka… jadi bisa belajar dialek nya juga

  31. alfiana zahra syarifa says:

    saya juga ingin belajar bahasa aceh ajarin dong

  32. Anonymous says:

    mau tanya..kalo bahasa acehnya SUKA-SUKA SAYA ??? mkaasi

  33. iyii says:

    mau belajar bahasa aceeeh😉 uniiik

  34. Anonymous says:

    munyoe bahasa aceh jih esmenen pue adoen ?😀

  35. Anonymous says:

    Izin unduh yaa….ada PR bhs aceh

  36. Bahasa Aceh says:

    suka-suka saya = galak-galak lôn

    esmenen, nyan hom🙂

  37. jeck says:

    Bang kalau bahasa aceh dasar orang susah apa’an ya.tolong dong

  38. Bahasa Aceh says:

    Jeck, kalau untuk yang jelek-jelek lebih baik ga usah diterjemah ya. Hehe🙂

  39. nasata says:

    pak tolong di buatkan ke ebook
    dan byetnya tidak besar

  40. Anonymous says:

    Bahasa acehnya aku takut kehilanganmu apa yach??

  41. Anonymous says:

    kalau ini artinya apa ?
    “Ngah..Futry indah mulia hati sekedang nafraah ?”

  42. Bahasa Aceh says:

    Wah, bukan bahasa Aceh tuh..🙂

  43. Farel says:

    bhs acehnya….engkau cinta sejatiku, semoga Alllah SWT memberkahi….apa yaaa

  44. bellasafira says:

    bhs aceh ke bhs indonesia,,tlg d tag makasi,,,

  45. mantap udah boleh bikin yang untuk android tuh

  46. Anonymous says:

    biar cepat bisa bahasa aceh gi mane y.

  47. cici says:

    kalau mau download kamus nya gmn??saya mahasiswi master linguistik ingin membedah ttg kategori bahasa aceh dgn pisau bedah morfologi generatif
    saya butuh byk referensi…kalau boleh dan tdk merepotkan tlg krm ke email saya:chyci_naeka86@yahoo.com
    thanx before🙂

  48. Bahasa Aceh says:

    Cici, tinggal diklik saja link-nya. Itu langsung ke berkasnya dalam bentuk pdf.

  49. Bahasa Aceh says:

    Supaya cepat bisa, praktekkan berbicara bahasa Aceh dengan orang Aceh..

  50. cici says:

    thanx ya atas saran nya🙂

  51. Diza Rubiani says:

    Itu bagus,agar menambah pengetahuan

  52. basri says:

    assalamualaikum lon neuek tanyeng peu ceumeukeu’ek dlmbhs indonesia?

  53. Bahasa Aceh says:

    Ceumeukök = Cegukan (Indonesia) = Hiccup (English)

  54. fanny says:

    Aq pengen bhasa aceh. Krna aq suku aceh. Malu klo gk bs bhasa aceh

  55. Yg mana yg mau di unduh…kok ga bisa ya? Hana tupue

  56. Anonymous says:

    gc tau, , kalau bhsa aceh apa. . .m0h0n d blz

  57. yusdiyusdi says:

    kurik pe ara ate we apa lagi jema , #ike jemen seni lebih mu ate kurik daripada jema

    ini artinya apa ndan ??

  58. Bahasa Aceh says:

    Yusdi, itu bahasa Gayo, bukan bahasa Aceh. Bahasa Gayo itu salah satu bahasa daerah yang ada di Aceh dituturkan di wilayah dataran tinggi.

  59. Bahasa Aceh says:

    Ga tau = Hana tupeuë

  60. Anonymous says:

    Bahasa acehnya tercinta apa? Mohon di bales

  61. Miksal says:

    Alah di awak nyo yg jeut bhs aceh pih ulok2

  62. putri dayen butar-butar says:

    kenapa gak bisa di donload sih !!!!!!???????????????????

  63. putri dayen butar-butar says:

    kak balasya dan tolong dibuat agar bisa di DONLOAD

  64. putri dayen butar-butar says:

    kak blsya bahasa Aceh seluruh tubuh dari rambut-ujung kaki tolong ya kak

  65. indra says:

    mau tanya arti dari : be meuno medeh ?

  66. Si Gam Acèh says:

    Bèk meunoë meudéh, arti harfiahnya “jangan begini begitu”. Kalau diartikan secara makna, lebih kurang “jangan banyak tingkah”.

  67. Si Gam Acèh says:

    Putri Dayen, udah ada postingannya tentang anggota tubuh. Coba dilihat-lihat lagi..

  68. Si Gam Acèh says:

    Yang mana ga bisa diunduh Putri? Kayaknya ga ada masalah..

  69. eva says:

    assalamualaikum saya ingin bertanya keujren blang itu artinya apa ya,,,? terimakasih

  70. Anonymous says:

    bahasa aceh nya selamat tingall masa lalu apo

  71. Apa apaan says:

    That careung ureung pngeut kmus ny0e

  72. Anonymous says:

    Ingin belajar bahasa aceh, boleh ay di kasie tau !

  73. umar says:

    Assalamualaikum..saya mau belajar bahasa aceh, karena saya lahir Dan besar dijakarta. Mohon petunjuknya. Makasih ya..walaikum Salem.

  74. Meunyoe iniem, bahasa indonesia pue?

  75. Si Gam Acèh says:

    Iniëm = bagian bersabut pada pangkal daun jenis tanaman palma (Kamus Aceh – Indonesia)

  76. Anonymous says:

    wah ternyata banyak yah yg mau mengenal tentang aceh. salam

  77. wate perle peng sabe tan soe bantu pue yak bantu gob papma ju keudeh, mohon translate y

  78. “wate perle peng sabe tan soe bantu pue yak bantu gob papma ju keudeh” kira2 ditermahkan:
    Waktu perlu duit, selalu ga ada yang bantu. Ngapain batu orang lain. Enyahlah sana.

  79. Anonymous says:

    Sangat bagus sekali

  80. Mz Aby says:

    Jipoet. itu apa eah bhs indonesia nya?

  81. Mz Aby says:

    Jinoe han le taniet na itu arti ny apa,mhon d blz eah,trus wet2 aneuk sabe arti ny apa,’

  82. Si Gam Acèh says:

    Jipôt = Bertiup
    Angèn jipôt teuga that = Angin bertiup sangat kuat

    Jinoë h’an lé taniët na = Sekarang sudah kita dihiraukan
    Jinoë = sekarang
    H’an lé = tidak lagi
    Taniët = kita berniat
    Na = ada

    Wét-wét = Putar-putar (jalan-jalan)
    Aneuk = Anak
    Sabé = Selalu

  83. sophia arche says:

    luwat teuh inong nyan artinya apa ya?

  84. abun sundjaja says:

    Model busan wanita(7 hurup)

  85. asyifa ellfazmy says:

    Saya ingin melihatnya tapi bahasa nya gak tau,ingin melihat kamusnya tapi gak tau mana yg mau di tekan,saya harap kamus ini bisa berkembang lagi ingin rasanya belajar bahasa aceh,tapi yg tau arti “droe” tolong jawab ya soalnya ada tugas nih di kerjaan di meulaboh aceh barat

  86. asyifa ellfazmy says:

    Ehh arti bahasa droe apa yaaa?? Tolong jawab yg disini orang aceh ada tugas betubetumpuk tumpuk

  87. asyifa ellfazmy says:

    Tolong jawab droe yaa

  88. Anonymous says:

    pengen belajar B. Aceh 😓 setiap bicara sama Suami itu agak Susah antara Jawa feat. Aceh .. Izin utk unduh Bg, 😁

  89. irma says:

    Kamus Bahasa Aceh versi mobile tidak bisa di unduh…

  90. azian says:

    Aku dari malaysia..aku mau kamu tolongin aku dong tranlate bahasa ini dalam indonesia…aku kepingin tahu ..( jet keureng kop tamak ke anak,.dip nan ka na anak pe lom…nyo saboh pelah aju kelon, sangat kuwo uaceh, han ek kuduk le… lam rantou, blah then ka lam rantou, meuhonda warrion han ek ta blo lom..isu ot, rumoh kan kaleh kupeget, honda metik kan kleh kablo.. nyan pane jet tabulah2 , honda ineng, lom honda agam cit… menyo yana kali nyo kuplung long…na nedige..

  91. teuku njak amer says:

    kiban tulisan “suloh”

  92. putrisalh says:

    mau tanya kalo bahasa aceh nya “perempuan” apa ya ? trims

  93. Anonymous says:

    klo loen galak roneh itu apa artinya gan???

  94. ekajulita says:

    Lawan dari Kata putroe

  95. kiki ramadhan says:

    Permisi saya.suka berbagai suku dan bahasa biar saya asli orang jakarta pengen rasa nya bisa bahasa suatu daerah tolong ajar kan kalimat nya bahasa sehari” aja tolong ajar kan saya
    Contoh
    aku sayang kamu ( arti nya apa
    aku rindu kamu ( arti nya apa
    Mau kamu menikah dengan saya (arti nya apa

    Tolong unduh nya lama skali tolong ya email kiki1984ramadhan@gmail.com

  96. Rahmat says:

    Mau nanya. GELEPAK GOB TOP. apa artinya ? Makasi

  97. Anonymous says:

    Mau tanya apa bahasa acehnya
    “Kalau benar-benar tulus tolong jaga perasaanku jangan bikin permainan hidupmu”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s