Iklan
Beranda > Kosa Kata > Kata-kata dan Ungkapan Pokok

Kata-kata dan Ungkapan Pokok

Berikut adalah kata-kata dan ungkapan pokok dalam bahasa Aceh.

Kosa Kata

Ya : Nyo (halus), ‘O (kasar), Beh
Tidak : H‘an

Ada : Na
Tidak ada : Hana (asalnya dari H’an + Na = H’anna –> H’ana, biasa ditulis “hana”)

Sudah : Ka
Belum : Goh, Goh lom

Hampir : Karap
Jangan : Bèk
Lagi : Lom
Saja : Mantong

Boleh : Jeuët
Bisa : Jeuët
Mampu : Ék

Pernah : Tom
Mungkin : Mungkén, Kadang

Untuk mengatakan tidak boleh, tidak bisa, tidak mampu, tidak pernah dan tidak mungkin, tinggal ditambah kata h‘an.

Kata kadang di sini hanya bisa dipakai dalam bentuk positif. Apabila menggunakan bentuk negatif harus dipakai kata mungkén.

Contoh:

Mungkin dia sakit.
Mungkén jih sakét. (BENAR)
Kadang jih sakét. (BENAR)

Tidak mungkin dia gila.
H‘an mungkén jih pungo (BENAR)
H‘an kadang jih pungo (SALAH)

Ungkapan

Apa kabar?
Peuë haba?

Sudah makan?
Ka lheuëh bu?

Terima kasih
Sabah/Teurimong gaséh

Iklan
Kategori:Kosa Kata
  1. EJ
    18 Maret 2009 pukul 13:16

    This is amazing! I LOVE your blog, I’ve been wanting to learn Acehnese for a long time and this page has been so helpful! My mom is Acehnese but my dad isn’t, and we speak English at home, so I can’t really speak Acehnese, very sad 😦 This site is my reference! Please continue posting more lessons and keep up this good effort 🙂

  2. 31 Maret 2009 pukul 01:17

    @ EJ,

    Thank you very much for your appreciation. I’m so happy if my blog is helpful for you.
    May I know where do you live and what is your dad’s nationality?
    You said that your mom is Acehnese, so why don’t you learn Acehnese from her?

    In shaa Allaah, I’ll continue posting more lessons, but I don’t promise.

    Anyway, my blog is in Indonesian, do you understand?

  3. Anonim
    25 Agustus 2009 pukul 16:30

    bui : babi Asu anjing

  4. ikhwanul hakim
    25 Agustus 2009 pukul 16:32

    saya tidak bisa tidur, saya mau mandi, jangan lupa, jangan malas belajar,belajarlah yang rajin, apa bahasa acehnya

  5. 17 September 2009 pukul 13:58

    Saya tidak bisa tidur : Lôn h’an jeuët lôn éh
    Saya mau mandi : Lôn meung manoë
    Jangan lupa : Bèk tuwoë
    Jangan malas belajar :Bèk beu’ö meurunoë
    Belajarlah yang rajin : Meurunoë beu jeumot

  6. m.keyko.rahman
    14 Februari 2010 pukul 11:22

    bahasa acehnya permisi apa

  7. 14 Februari 2010 pukul 21:40

    Contoh kalimat yang ada kata “permisi”-nya gimana?

  8. Lucky Nurachman Natawiria
    27 Februari 2010 pukul 20:58

    Saya orang sunda, namun tertarik bahasa2 diluar bahasa Sunda. Dan setelah saya membaca blog ini, subhanallah Indonesia benar2 multikultural!saya berharap Indonesia dapat bersatu walopun berbeda2 dan saya bertanya, boleh gak saya, mengcopy-paste bahasa Aceh dari blog ini untuk bahan belajar?

  9. 28 Februari 2010 pukul 20:24

    Dalam al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 13, Allah berfirman: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”.

    Mau di-copy paste ke mana? Silakan saja.

    Pada Sab, 27 Feb 2010 20:58 ICT

  10. 24 Maret 2010 pukul 13:15

    Kalau begitu, saya permisi dulu Pak ya.
    => Meunyo meunan, lon lakèë idin lèë Ayah beh.

  11. 17 Mei 2010 pukul 17:03

    saya orang medan, saya sudah bisa bahasa aceh sedikit-sedikt karna saya kepingin tau semua arti bahasa aceh saya baca blog ini allhamdulillah akhirnya saya lebih banyak tau tentang bahasa aceh,

    besok saya akan mengikuti ujian bahasa daerah (bahasa aceh) ujiannya tentang wawancara bahasa aceh.
    tapi saya masih agak ragu karena saya tidak mengerti terlalu banyak dengan bahasa aceh……..
    gimana ya???????????????????

    huh sangat-sangat membingungkan sekali mudah-mudahan besok saya bisa ya menjawab semua soal wawancaranya……..

    amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin!!!!!!!!!!!!

  12. 24 Mei 2010 pukul 15:19

    k/ Cut Nissa,

    Orang Medan pake Cut? Atau ayah Anda orang Aceh?
    Ujian bahasa Aceh? Untuk apa? Gimana hasilnya?

  13. rizki
    25 Mei 2010 pukul 19:04

    bang,bahasa acehnya ‘jgn tidur terlalu malam’ apa?
    Makasih.

  14. 25 Mei 2010 pukul 21:46

    k/ Rizki,

    Jangan tidur terlalu malam

    = Bèk éh jula that

    On Tue May 25th, 2010 7:04 PM ICT

  15. rizki
    26 Mei 2010 pukul 20:34

    ka jeut beudoh artiny ap?trs jwbny gmn?makasih.

  16. 27 Mei 2010 pukul 00:23

    Ka jeuet beudoh = Sudah bisa bangun

    Jawabnya? Emang apa yang mau dijawab?

    On Wed May 26th, 2010 8:34 PM ICT

  17. gaby
    16 Juni 2010 pukul 21:32

    ‘Goodluck’ bahasa acehnya apa bang?

  18. 16 Juli 2010 pukul 15:51

    Good luck = Beu seulamat

  19. mesha-belajar basa aceh
    6 Maret 2011 pukul 18:14

    om / tante bantu saya ..!!!
    bahasa acehnya ARE YOU READY pue ?

  20. 7 Maret 2011 pukul 00:47

    k/ mesha: ka keumah?

  21. marwahherliani@yahoo.com
    20 April 2011 pukul 14:42

    Ka, aku mau nanya ” peukah peugah ” artinya apa ya? makasih 🙂

  22. 22 April 2011 pukul 19:41

    @ Marwah:

    Peue kapeugah : Apa kau bilang?

  23. Anonim
    5 Oktober 2011 pukul 03:22

    Han eik ta pikee boh manok hana tangkee

  24. tengku arya
    13 Oktober 2011 pukul 08:29

    haaa… lagunya bergek

  25. ndy
    4 Desember 2011 pukul 13:22

    ka saya mau nanya klo bahasa acehnya “ayo cepetan sholat” apa y ka??makasih

  26. 6 Desember 2011 pukul 00:50

    @Ndy: Jak seumayang laju!

  27. Anonim
    1 Desember 2012 pukul 18:13

    wah ka, makasih… (; blog ini sangat membantu sya untuk mengerjakan tugas cerpen tntang aceh.. makasih… makasih

  28. sari
    11 Januari 2013 pukul 00:40

    Saya juga ga bsa bahasa aceh, cuma kalau sdra ngomong paham sdikit, pdhal ayah saya aceh lokseumawe

  29. Anonim
    21 Januari 2013 pukul 16:48

    assalamu’alaikum..
    arti “KOEN” apa ya??

  30. 31 Januari 2013 pukul 02:20

    koen => penulisan yang benar adalah “kön” atau “kon”, artinya adalah “bukan”

  31. soe
    21 Mei 2013 pukul 01:53

    sudah 6 tahun punya istri orang aceh, tapi blom bisa juga bahasa aceh, musti darimana belajarnya ya??

  32. 2 Juni 2013 pukul 23:56

    Soe, belajar sama orang Aceh langsung.. 🙂

  33. 6 Desember 2013 pukul 22:47

    kalau bisa tolong masukan Nama KABAR ACEH.. berita mingguan Aceh….di Blog belajar bahasa Aceh

  34. 6 Desember 2013 pukul 22:50

    netueloeng peutamaeng Nan KABAR ACEH uedalam Blog meurunoe Bahasa Aceh…..

  35. joe
    18 Desember 2013 pukul 12:01

    Kak sy boleh minta kosakata ya di tambah lg ,,,,soalnya sy jg mau belajar bhs aceh dkit2 ,,,,kyk drmn ,,mau kemana ,,,sama siapa,,,kapan,,,disini,,,,

  36. Rahmat
    30 Januari 2014 pukul 01:45

    apa arinya, pu ka karuboeh gam?

  37. 1 Februari 2014 pukul 22:06

    puë = apa
    ka = ka
    kareubôh = kau rebus
    gam = panggilan untuk lelaki

    Secara harfiah bermakna, “apa yang sudah kau rebus?” Makna kiasannya “ngomong apa kau”?

  38. 22 Februari 2014 pukul 19:49

    bahasa aceh nya keyakinan apa ya . trima kasih

  39. 6 Maret 2014 pukul 19:40

    keyakinan = yakin

  40. Handy
    21 Mei 2014 pukul 11:09

    Bang kalo bahasa acehnya selamat ulang tahun apa??

  41. pipi
    24 Juni 2014 pukul 15:17

    kalau bahasa acehnya, saya pulang kerja skrg apa ya ?

  42. 25 Juni 2014 pukul 22:53

    Saya pulang sekarang = Lôn lônwoë jinoë
    Tidak perlu menyebutkan “kerja”

  43. 25 Juni 2014 pukul 23:09

    Ucapan selamat ulang tahun tidak ada dalam budaya asli Aceh. Tetapi karena pengaruh budaya modern, diterjemahkan menjadi “Seulamat Uroë Lahé” (Selamat Hari Lahir).

  44. Anonim
    26 Agustus 2014 pukul 14:58

    apa arti peu but jinoe

  45. Anonim
    13 Oktober 2014 pukul 23:41

    Alhamdulillah akhirnya ketemu juga dengan blog aceh ni,,,, saya harap semoga saya dapat belajar lebih baik lagi dalam bahasa aceh ni. Loen Kon inong aceh tapi loen galak aceh 🙂
    Terimeong ganaseh admin semoga bermanfaat di kemudian hari

  46. Anonim
    1 November 2014 pukul 12:41

    Kop tari nyoe oek panyang.;-)
    Ni apa Artinya gam?
    Mksh

  47. Anonim
    15 November 2014 pukul 07:29

    me’ah wareh, dari ileume nyang lon meuruno, sang mantong na padum2 boh nyang hana pah dari uraian droen neuh. ci na tanyong2 lom bak pakar? bek sampe ne brie nyang keuliru keu gob. teurimong geunaseh

  48. 16 November 2014 pukul 17:38

    Jeuet lon tupeue toh nyang hana pah? Sabab nyang lon tuleh nyoe ata nyang biasa lon marit ngon lon deungo bak ureueng-ureueng di gampong ureueng chik lon.

  49. wanasboo
    17 November 2014 pukul 19:09

    Bahasa acehnya:
    – salam kenal?
    – terima kasih informasinya?
    – kakak/abang/ mas?

  50. pibbiesmith1191
    19 November 2014 pukul 12:51

    ada kosa kata yang suka dipakai sehari-hari gak?
    ayah saya pindah ke Meulaboh, jadi pengen belajar juga sedikit-sedikit..
    karena banyak teman saya yang orang aceh malah mengajarkan bahasa yang kasar (red:merasa dibodohi T_T )
    terima kasih

  51. 23 Maret 2015 pukul 04:45

    Sayaa suka lagu dara dari rafi apa arti dari lagu itu

  52. dede sanofa darmawan
    16 September 2015 pukul 08:56

    bang saya mau dong kalau bahasa acehnya
    baru bangun tidur langsung mandi.
    tidur dulu ah sudah malam.
    ngantuk banget.

    pli ya bang balas soalnya aku pengen belajar bahasa aceh kepengen bisa.

  53. Anonim
    28 September 2015 pukul 17:35

    Gimana cara baca yang dikasih titik diatas ya contoh ”Seulamat Uroë Lahé”?

  54. Anonim
    23 November 2015 pukul 10:10

    Selamat malam bapa ibu saudara/i.. sy dari aceh mau menghibur bapa ibu sekalian… terima kasih..
    tolong di artikn dlm bahasa daerah aceh.. trima kasih tas bantuanx..

  55. Anonim
    6 Desember 2015 pukul 12:10

    Assalamualaikum..

    Saya lahir di banda aceh tapi besar di jakarta sampai saat ini saya ga bsa bahasa aceh.. untuk cara cepat mengerti gimana yah . Makasih

  56. wanda widrawan
    8 April 2016 pukul 18:07

    kalo bahasa acehnya :
    -jangan nakal?
    -lagi apa?
    -kamu cantik?
    tolong ya jawabannya

  57. 11 Mei 2016 pukul 00:30

    assalamualaikum..
    saya tahun ini mau kuliah di aceh..tapi saya gk pande bahasa aceh..saya mau belajar bahasa aceh kira2 yang cepat d mna ya???

  58. 12 Mei 2016 pukul 15:34

    Kak mau tanya ni, bahasa aceh nya nanti malam kita kerumah siti yok

  59. 22 Juni 2016 pukul 19:02

    Ya payah juga belajarnya

  60. rusdi64
    5 Juli 2016 pukul 20:37

    Nyan foto soe ka cok nyan.
    Ata loen yang baru.
    Itu apa artinya ka..?

  61. Anonim
    10 Juli 2016 pukul 02:45

    kamu apa bahasa acehnya

  62. Ida
    12 Juli 2016 pukul 02:11

    Akhirnya ketemu blog bhasa aceh.. terima kasih.. saya dari Malaysia, bpa saya org aceh pidie, tpi saya belum mengerti spnuhnya bhsa aceh.. apa bhasa aceh bgi stiap daerah itu berlainan..?

  63. Ida
    12 Juli 2016 pukul 02:28

    Kalau ada tnda yg sbegini bgaimana cara bacanya:Jeuët,`O,Ék,Mungkén,Hôm,tém,watèë,Ch‘èk

  64. Riki Sai
    3 September 2016 pukul 08:29

    @Ida

    Jeuët = boleh,bisa
    Mungkén = Mungkin
    Hôm = tidak tahu
    Tém = mau
    watèë = waktu

  65. Riki Sai
    3 September 2016 pukul 08:39

    @Aulia adha
    nanti malam kita kerumah siti yok

    Anteuk malam tanyoe uerumoh siti jak.

    @rusdi64
    Nyan foto soe ka cok nyan.
    Ata loen yang baru.

    Itu foto siapa kamu ambil itu.
    Punya saya yang baru.

  66. ahad
    23 September 2016 pukul 22:49

    kak saya suka lagu bergek arti boeh hate ka mehoe apa ya,kak

  67. yogi
    14 Oktober 2016 pukul 19:45

    Bang Bahasa Aceh Nya = ? *Kalau Bukan Kamu Siapa Lagi* Apa Ya
    Terimakasih:*:g

  68. Cut syifa
    27 Oktober 2016 pukul 08:59

    Assalamualaikum
    Saya org aceh,kedua org tua saya aceh,tapi karena dari kecil tinggal di jakarta dan org tua juga tidak pernah berbahasa aceh, jadi agak sulit kalau pulang ke aceh mendengar saudara2 ngomong bahasa aceh..mengerti sedikit2 saja..
    ada yg ngomong”geulanteu tak” dan “horet” apa artinya ya?
    Makasih sebelumnya..

  69. 13 November 2016 pukul 11:09

    Kalau bahasa acehnya,”Allah tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan hambanya” gimana ya?terima kasih

  70. jihan
    19 November 2016 pukul 01:33

    udah ttp belom ? Bahasa acehnya apa ka?

  71. Pralusicn
    22 November 2016 pukul 08:01

    Bahasa acehnya ‘selamat hari guru’ apa kk?

  72. zay
    5 Desember 2016 pukul 23:01

    selamat malam mimpi indah ya bahasa acehnya apa

  73. Fatah
    4 Januari 2017 pukul 08:01

    Kak, tolong buatkan kata kata mutiara terima kasih untuk guru dalam bahasa aceh

  74. 17 Februari 2017 pukul 22:42

    kak kalau bahasa indonesianya “Kalheuh pajoh bu nyan bg” sama “Ngen soe keuh hinan dx” apaiyaa kak Mohon dibantu

  75. Anonim
    14 April 2017 pukul 14:52

    kak saya mau tanya dong kalo artinya teurimong geunaseh sadeh beh itu apa ya?

  76. jojo
    15 April 2017 pukul 00:14

    malam kajulahana sow laen nyang jagadua mata hatee teuingat sabewatee seunja meureumpok di kualaangen lam supot lilen cahyameulangkah lam lumpo gaseh seumata

  77. Anonim
    5 Mei 2017 pukul 12:19

    Kk bahasa aceh nya
    “Sudah pernah berusaha namun selalu gagal”
    Tolong d bls ya

  78. 18 Mei 2017 pukul 00:58

    Assalamualaikum.Saya asli kalimanta.Saya mau bertanya.Apa arti kalimat ini dalam bahasa Aceh.
    Ya Allah kapankah tiba giliran hamba menikah.
    Terima kasih.Wassalamualaikum…

  79. boh manok kom
    30 Mei 2017 pukul 03:23

    Soe nyang galak Meurunoe bahasa aceh??

  80. Tesalonika karen
    31 Mei 2017 pukul 22:13

    Malalayang

  81. Zwageri
    4 Juni 2017 pukul 16:43

    kak ini artinya apa ya? pat teuh,that meutumpok ija

  82. Anonim
    16 Juni 2017 pukul 10:38

    Bhasa acehnya lagi ap??
    Mama sama bapakkemana

  83. Anonim
    18 Juli 2017 pukul 08:50

    lagi lihat belakang

  84. 30 Juli 2017 pukul 23:08
  85. nia
    17 Agustus 2017 pukul 12:54

    mantap bang bahasa aceh jih,entek kadang na ureng yg mupom

  86. nia
    17 Agustus 2017 pukul 12:54

    mantap bang bahasa aceh jih,entek kadang na ureng yg mupom

  87. 23 September 2017 pukul 22:55

    Tangerang

  88. 23 September 2017 pukul 22:56

    Bahasa acehnya “selamat malam” apa?

  1. 18 Oktober 2017 pukul 11:24

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: